Skip to content

Wali Kota Desak Penuntasan Limbah Batu Bara [Antara News]

Bengkulu (ANTARA News) – Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi mengaku sudah beberapa kali mengirimkan surat protes terkait pencemaran Sungai Bengkulu kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu dan perusahan pertambangan batu bara karena warga selalu mendesak penuntasan masalah limbah batu bara.

“Saya sudah empat kali melayangkan protes ke Pemprov dan perusahaan tambang batu bara namun tidak ada tanggapan serius, sedangkan kondisi pencemaran air Sungai Bengkulu semakin menjadi dan masyarakat kota Bengkulu silih berganti melakukan protes,” kata Wali Kota Ahmad Kanedi, Sabtu.

Akibat pencemaran itu, katanya, sungai dalam kota Bengkulu tidak lagi jernih bahkan tidak bisa dikonsumsi meskipun sudah diolah oleh perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat karena tingkat pencemarannya sudah cukup tinggi.

Ahmad Kanedi mengatakan, selaku wali kota sudah cukup rasanya empat kali melakukan protes, bahkan secara lisan terang-terangan agar pertambangan batu bara tersebut ditutup karena hanya memberikan limbah dan kerusakan jalan pada masyarakat Kota Bengkulu.

Sekarang ini hanya dapat bersikap tinggal lagi diam atau masa bodoh saja, ini perilaku selemah-lemahnya iman, kalau untuk berbuat kekerasan atau anarkis tidak mungkin terjadi, keluhnya.

Ia secara gamblang mengatakan, kerusakan jalan dan pencemaran air akibat perbuatan bangsa sendiri – bukan oleh orang-orang dari negara lain – namun demikian mereka tidak memikirkan dampak kerusakan tersebut karena diduga sudah mendapatkan keuntungan secara pribadi.(Antara/iH6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2021 IDEHIJAU.COM