0
Posted in Artikel
February 12, 2020

Suara Indonesia Suara Untuk Dunia Lebih Baik

Imajinasi saya bermain ketika menikmati indahnya laut di atas kapal yang sedang melewati laut Bali. Airnya yang biru bersinar menjadi hembusan ombak tertabrak kapal yang membangkitkan hasrat untuk mengabadikan momentum tersebut dengan kamera. Segeralah saya mengeluarkan gawai andalan untuk mengabadikan momentum tersebut. Namun, tak disangka ada suatu hal yang mengurungkan niat saya. Saya melihat beberapa sampah plastik ada di laut dan beberapa saat ada yang membuang sampah ke laut. Hati saya miris.

Bali (ilustrasi: morguefile)

Suasana hati saya berubah, imajinasi yang awalnya Indonesia merupakan galeri wisata dunia berubah menjadi sebuah utopia. Menghadapi kenyataan ini, hati dan pikiran saya sepakat mengatakan bahwa Indonesia harus berubah. Bayangkan jika tidak segera berubah, mungkin saja penikmat diving akan menyelam bersama sampah bukan ikan. Tak bisa dielakkan juga nelayan akan menemukan hasil lain di jaring ikan yaitu sampah. Indonesia harus berubah menjadi tempat yang lebih baik.

Kekhawatiran saya tak hanya sampai disitu, urgensi Indonesia harus berubah juga karena permasalahan alam ini tidak hanya sebatas sampah dilaut. Tak habis pikir mengenai punahnya hewan, pembakaran hutan, banjir, tak ada reboisasi, hancurnya terumbu karang dan masih banyak lainnya. Indonesia yang merupakan paru paru dunia harus disembuhkan. Menyembuhkan Indonesia tentunya menciptakan tempat lebih baik untuk dunia.

Langkah selanjutnya ialah beraksi dan suarakan lingkungan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh masing masing individu. Mulai dari membuang sampah, menanam pohon, dan yang terpenting adalah saling mengingatkan akan menjaga lingkungan dan alam. Memulai dari hal kecil disekitar dan berpengaruh adalah hal yang baik. Tak menutup kemungkinan suara atau langkah kecil itu mampu menjadi besar.

Suatu hal yang tak kalah pentingnya ialah usaha pemerintah yang menekankan warganya akan lingkungan. Penegakkan aturan kebersihan sudah harus ditingkatkan, pengawasan terhadap penggunaan hutan dan pengembang pariwisata lokal ditingkatkan, dan tentunya seruan menjaga lingkungan harus diperbanyak. Langkah tersebut tentunya akan menyebabkan efek jera bagi pelanggar aturan kebersihan, pihak pengembang dan yang terlibat penggunaan sumber daya alam akan lebih bijak, dan tentunya masyarakat akan lebih ingat betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Masyarakat Indonesia dengan kekayaan alam yang berlimpah sudah seharusnya diselimuti cinta kasih merawat kekayaan alam ini. Cinta kasih yang dapat menjadi penguat gerakan dalam merawat kekayaan alam negeri ini. Maka dari itu marilah kita mulai mencintai alam ini dan juga negeri ini. Mari suarakan perawatan lingkungan, Suara Lingkungan Indonesia adalah suara untuk dunia lebih baik.

Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*