0
Posted in Artikel
February 12, 2020

Pentingkah Toleransi?

Toleransi, adalah suatu kata yang sering didengar, toleransi itu sendiri berarti menghormati perbedaan antara diri sendiri dan orang lain. Toleransi tidak berarti membuat kita kehilangan jati diri,  identitas diri, atau secara langsung menjadi bagian dari sesuatu perbedaan yang kita hormati, melaikan dengan toleransi kita membuat bangga akan jati diri dan identitas kita serta mengangkat martabat kita di mata orang lain, namun toleransi di Indonesia sangatlah memprihatinkan mengingat bahwa Indonesia adalah negara kepualauan yang memiliki berbagai macam perbedaan, baik itu agama, ras, suku, budaya, serta bahasa-bahasa daerah yang berbeda. Dengan segenap perbedaannya itu, Indonesia tak luput dari benturan sosial. Benturan sosial ini cukup meresahkan karena dapat berpotensi memecah belah persatuan Indonesia.

Kasus intoleransi yang baru-baru ini terjadi di Indonesia adalah  perusakan Masjid di Tuban, Jawa Timur yang terjadi pada Selasa (13/02/2018), serangan di Gereja St Lidwina, yogyakarta yang terjadi pada Minggu (11/02/2018) dan sebagian kasus lainnya yang menjadi perhatian masyrakat Indonesia. Melihat kejadian intoleransi yang telah terjadi membuat tanda tanya besar, apakah toleransi di Indonesia sudah memudar atau perlukah sosialisasi tentang toleransi yang telah terbangun sebelum Indonesia merdeka digalakkan lagi?.

Cara membangun  budaya toleransi yang paling baik adalah memulai dari diri sendiri. Mulailah kita membaca ulang atau mengingat kembali sejarah. Dari membaca sejarah dapat kita ketahui bahwa Laksamana Cheng Ho, seorang Tionghoa yang berasal dari Tiongkok ikut berperan menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, dan marilah kita melihat beberapa pahlawan yang telah ikut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yakni Tjilik Riwut yang merupakan pahlawan berasal dari kalimantan tengah, Adam Malik Batubara berasal dari Sumatera Utara, Sultan Syarif Kasim II yang berasal dari Riau, dan masih banyak pahlawan lainnya yang ikut memperjuangkan kemerdekaan dan persatuan Indonesia. Dari pembelajaran sejarah singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah hadiah dari para pahlawan yang tentunya mereka tidak berasal dari satu suku, agama, atau pulau, melainkan berasal dari satu kesatuan yang biasa kita kenal dengan BHINEKA TUNGGAL IKA.

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada di Indonesia ini haruslah dijaga, janganlah mengutamakan hak, karena masih ada kewajiban yang mengharuskan menjaga toleransi karena dengan toleransi dan perjuangan membuat Indonesia dimasa lalu menang melawan penjajah, dan dengan meningkatkan toleransi dimasa sekarang dapat menciptakan Indonesia yang maju dan beradab.

Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*