Skip to content

Pembalakan Liar Mengancam Meru Betiri [Antara News]

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa hutan adalah penyangga kehidupan jangka panjang, bahkan pemanasan global semakin mencemaskan…

Jember (ANTARA News) – Kerusakan hutan di Indonesia sudah semakin parah, bahkan data laju kerusakan hutan (deforestasi) periode 2003-2006 yang dikeluarkan oleh Departemen Kehutanan mencapai seluas 1,17 juta hektare per tahun.

Data Departemen Kehutanan tahun 2006 juga mencatat luas hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta ha dari 120,35 juta ha kawasan hutan di Indonesia, dengan laju deforestasi dalam lima tahun terakhir mencapai 2,83 juta ha per tahun.

Luas hutan di Indonesia menyusut setiap tahun karena maraknya pembalakan liar, kebakaran hutan, perambahan hutan dan pengalihan fungsi hutan lindung menjadi hutan produksi, sehingga Kementrian Kehutanan mencatat kerusakan hutan hingga 2009 mencapai lebih dari 1,08 juta ha per tahun.

Aksi pembalakan liar dan perambahan hutan juga terjadi di sejumlah kawasan Taman Nasional seperti Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang berada di selatan Pulau Jawa, secara administrasi pemerintahan TNMB terletak di Kabupaten Jember dan Banyuwangi, Jawa Timur.(Antara/iH6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2020 IDEHIJAU.COM