Skip to content

Presiden : Entitas Bisnis Berperan Dalam Pengelolaan Lingkungan [Antara News]

Jakarta (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, pemangku kepentingan dan seluruh entitas bisnis memiliki peran dalam pengelolaan lingkungan untuk memastikan tercapainya upaya bersama mencegah peningkatan kerusakan lingkungan.

Berbicara dalam Forum Business for the Environment di Jakarta, Kamis siang, Kepala Negara mengatakan, pemerintah tidak bisa berperan sendiri dalam upaya-upaya mengatasi perubahan iklim dan mencegah kerusakan lingkungan, dan entitas bisnis dapat berperan bersama untuk hal tersebut.

“Untuk mengamankan iklim kita pada masa mendatang, diperlukan skema besar yang melibatkan kebijakan pemerintah, kerja sama internasional, inisiatif pelaku pasar, inovasi teknologi, partisipasi masyarakat sipil dan kerja sama perusahaan,” kata Presiden.

Ia menambahkan, “Ini sebabnya, anda sebagai pimpinan industri dapat memberikan kontribusi secara signifikan. Tidak perlu menunggu sampai ada kesepakatan multilateral yang menghasilkan kesepakatan baru di bidang iklim.”

Kepala Negara mencontohkan, pengusaha di bidang industri teknologi dapat memberikan kontribusi dengan menghasilkan produk yang tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil, sementara pengusaha di bidang konstruksi dan desain dapat memberikan kontribusi dengan membangun gedung yang menggunakan teknologi ramah lingkungan.

“Kita memiliki pengusaha di bidang kehutanan, pertanian, dan industri makanan yang bisa berbagi upaya terbaik untuk manajemen pengelolaan pertanian dan kehutanan. Bersama-sama antara sektor privat dan sektor publik bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut,” tegasnya.(Antara/iH6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2021 IDEHIJAU.COM