Earth Hour 2011, Momentum Tanamkan Perilaku Ramah Lingkungan

Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang dicetuskan oleh WWF (World Wildlife  Fund) dan The Sydney Morning Herald untuk mengajak warga dunia agar mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam (60 menit). Dan dilaksanakan setiap sabtu terakhir di bulan Maret tepat pada pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Slogan baru Earth Hour 2011 adalah “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup”. Slogan tersebut menggantikan slogan Earth Hour tahun sebelumnya yang berbunyi “Ubah Dunia Dalam Satu Jam”. Dengan slogan “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup” diharapkan Earth Hour tidak sekedar mengajak warga dunia untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam, namun juga menanamkan perilaku ramah lingkungan.

Earth Hour tahun 2011 merupakan pelaksanaan yang keempat kalinya sejak dicetuskan pertama kali pada tahun 2007. Dan bagi Indonesia ini merupakan keikutsertaan yang ketiga kalinya. Kampanye mematikan listrik selama 1 Jam ini dimaksudkan untuk mendinginkan bumi sejenak dengan menghemat energi yang harapanannya bisa mengurangi efek pemanasan global yang terjadi. Mungkin kita berfikir bahwa mematikan listrik selama 1 jam adalah tindakan yang sia-sia. Ya, sia-sia memang jika hanya sebagian kecil masayarakat dunia yang memadamkan listrik selama 1 jam. Namun jika dilakukan bersama-sama serentak dan bersamaan, bisa dipastikan hal kecil yang kita lakukan selama 1 jam itu bisa menjadi sebuah hal yang berkontribusi besar untuk menghemat energi dan mengurangi efek pemanasan global di dunia.

Bukan sekedar slogan Earth Hour saja yang berubah, Earth Hour tahun 2011 yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 26 Maret besok juga memodifikasi logo (lambang) Earth Hour dengan menambahkan “+” (tanda plus) di belakang angka 60. Senada dengan slogan barunya “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup”, simbol ini merepresentasikan gaya hidup hijau, pesan tambahan yang diusung dalam Earth Hour 2011. Bukan sekedar mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam, namun juga menanamkan perilaku ramah lingkungan melalui gaya hidup hijau.

Dengan ini diharapkan penduduk dunia, mulai dari individu, komunitas, pelaku bisnis, hingga pemerintah untuk bersama-sama mendukung gerakan menurunkan emisi karbondioksida yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global hingga akhirnya berdampak pada perubahan iklim.

So, Earth Hour 2011 tinggal sesaat lagi. Ingat, Sabtu tanggal 26 Maret 2011 pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat, matikan lampu dan peralatan listrik lainnya. Dan jangan berhenti di sana, tanamkan dan biasakan diri sendiri untuk bersikap hemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Memang banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi efek pemanasan global di bumi. Gerakan Earth Hour hanyalah sedikit dari sekian banyak hal tersebut. Sebagai penghuni dunia ini, mari bersama-sama menjaga bumi dengan melakukan hal kecil ini untuk hal besar di masa depan.

(Referensi: www.earthhour.org/alamendah.com/frenavit.com/iH2).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *