Skip to content

Indonesia Perjuangkan Simulasi Model Iklim Negara Tropis [Antara News]

London (ANTARA News) – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr Sri Woro B Harijono, mengatakan, Indonesia berkepentingan mendorong Kongres World Meteorological Organization (WMO) ke-16 mengupayakan terwujudnya simulasi model iklim yang akurat di negara-negara tropis.

Sekretaris Pertama Perwakilan Tetap RI Jenewa, Muhsin Syihab, kepada Antara London, Rabu, menyebutkan, Kongres yang berlangsung di Jenewa hingga 3 Juni mendatang merupakan pertemuan badan tertinggi WMO yang diadakan setiap empat tahun dan dihadiri sejumlah Kepala Negara/Pemerintahan serta para menteri terkait dari negara-negara anggota.

Menurut Muhsin, Dr Sri Woro selaku Ketua Delegasi Indonesia mengatakan hal itu, sesaat setelah menyampaikan pidatonya di hadapan Kepala Negara/Pemerintahan dan menteri-menteri negara anggota WMO, pada acara High Level Segment Kongres ke-16 (WMO) di Jenewa.

Menurut dia, pemodelan iklim di negara-negara tropis terutama di Indonesia memberikan manfaat besar terhadap kehidupan sosial ekonomi petani dan nelayan, oleh karenanya Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi Regional Training Center for Tropical Maritime Meteorology (RTCTMM).

Hal ini untuk menjamin akurasi ramalan cuaca dan iklim yang dapat dijadikan acuan pengambilan keputusan terhadap pengembangan produk pertanian dan pelayaran para nelayan, ujar Sri Woro dalam acara itu.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Indonesia akan memperjuangkan dibentuknya RTCTMM, yang akan berkedudukan di Indonesia, sebagai wadah proses alih teknologi serta peningkatan pembangunan kapasitas dari negara maju ke negara berkembang.(Antara/iH6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2020 IDEHIJAU.COM